MASA PRAAKSARA dan HINDU BUDDHA di INDONESIA
SEJARAH
BAHAN
PTS 2 KELAS 7
MASA PRAAKSARA dan HINDU-BUDDHA di INDONESIA
A. Periodisasi secara Geologis
Proses perubahan bumi
terbagi atas beberapa fase-fase atau zaman. Perubahan dari satu zaman ke zaman
berikutnya memakan waktu yang lama, sampai jutaan tahun.Menurut para ahli
geologi, sejarah perkembangan bumi terbagi menjadi empat periode, yaitu
1) Zaman
Arkaikum
Zaman Arkaikum merupakan zaman tertua, zaman ini berlangsung kirakira sejak 2.500 juta tahun yang lalu. Pada waktu itu kulit bumi masih sangat panas, sehingga belum terdapat kehidupan diatasnya.
Zaman Arkaikum merupakan zaman tertua, zaman ini berlangsung kirakira sejak 2.500 juta tahun yang lalu. Pada waktu itu kulit bumi masih sangat panas, sehingga belum terdapat kehidupan diatasnya.
2)
)
Zaman
Palaeozoikum
Zaman kehidupan tua, berlangsung kira-kira sejak 340 juta tahun yang lalu. Zaman ini sudah ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan, antara lain munculnya binatang-binatang kecil yang tidak bertulang punggung, berbagai jenis ikan, amfibi dan reptil.
Zaman kehidupan tua, berlangsung kira-kira sejak 340 juta tahun yang lalu. Zaman ini sudah ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan, antara lain munculnya binatang-binatang kecil yang tidak bertulang punggung, berbagai jenis ikan, amfibi dan reptil.
3)
Zaman Mesozoikum
Zaman kehidupan pertengahan, berlangsung sejak kira-kira 140 juta tahun lalu.Pada zaman ini, kehidupan di bumi makin berkembang. Binatang-binatang mencapai bentuk tubuh yang besar sekali.Kita mengenalnya sebagai Dinosaurus. Di samping itu, juga mulai muncul berbagai jenis burung. Zaman mesozoikum disebut pula dengan zaman reptil karena pada zaman ini jenis binatang reptil yang paling banyak ditemukan.
Zaman kehidupan pertengahan, berlangsung sejak kira-kira 140 juta tahun lalu.Pada zaman ini, kehidupan di bumi makin berkembang. Binatang-binatang mencapai bentuk tubuh yang besar sekali.Kita mengenalnya sebagai Dinosaurus. Di samping itu, juga mulai muncul berbagai jenis burung. Zaman mesozoikum disebut pula dengan zaman reptil karena pada zaman ini jenis binatang reptil yang paling banyak ditemukan.
4) Neozoikum atau Kenozoikum
Zaman kehidupan baru, berlangsung sejak kira- kira 60 juta tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu zaman tertier dan zaman kuartier.
Zaman kehidupan baru, berlangsung sejak kira- kira 60 juta tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu zaman tertier dan zaman kuartier.
a.
Zaman Tertier
Pada zaman tertier jenis-jenis reptil besar mulai punah dan bumi umumnya dikuasai oleh hewan-hewan besar yang menyusui. Contohnya adalah jenis gajah purba (mammuthus).
Pada zaman tertier jenis-jenis reptil besar mulai punah dan bumi umumnya dikuasai oleh hewan-hewan besar yang menyusui. Contohnya adalah jenis gajah purba (mammuthus).
b.
Zaman Kuartier
Zaman kuartier berlangsung sejak kira-kira 3.000.000 tahun yang lalu. Zaman ini sangat penting bagi kita, karena merupakan awal kehidupan manusia pertama kali di muka bumi.
Zaman kuartier berlangsung sejak kira-kira 3.000.000 tahun yang lalu. Zaman ini sangat penting bagi kita, karena merupakan awal kehidupan manusia pertama kali di muka bumi.
B.
Periodisasi secara Arkeologis
Periodisasi secara arkeologis didasarkan atas hasil-hasil temuan
benda-benda pening- galan yang dihasilkan oleh manusia yang hidup pada masa
praaksara. Berdasarkan penelitian terhadap benda-benda tersebut, masa praaksara
dibedakan menjadi dua, yaitu zaman batu dan zaman logam.
1)
Zaman Batu
Zaman batu adalah zaman ketika sebagian besar perkakas penunjang kehidupan manusia terbuat dari batu. Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang digunakan dan dari cara pengerjaannya, zaman batu dibagi menjadi tiga, yaitu
a) Paleolithikum
Paleolithikum berasal dari kata Palaeo artinya tua, dan Lithos yang artinya
batu sehingga zaman ini disebut zaman batu tua. Hasil kebudayaannya banyak
ditemukan didaerah Pacitan dan Ngandong Jawa Timur.
Zaman batu adalah zaman ketika sebagian besar perkakas penunjang kehidupan manusia terbuat dari batu. Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang digunakan dan dari cara pengerjaannya, zaman batu dibagi menjadi tiga, yaitu
a) Paleolithikum
Paleolithikum berasal dari kata Palaeo artinya tua, dan Lithos yang artinya
batu sehingga zaman ini disebut zaman batu tua. Hasil kebudayaannya banyak
ditemukan didaerah Pacitan dan Ngandong Jawa Timur.
Zaman batu tua diperkirakan berlangsung kurang lebih 600.000
tahun
silam. Kehidupan manusia masih sangat sederhana, hidup berpindah-pindah (nomaden). Mereka memperoleh makanan dengan cara berburu, mengumpulkan buah-buahan, umbi-umbian, serta menangkap ikan. Memperolehnya langsung dari alam.
silam. Kehidupan manusia masih sangat sederhana, hidup berpindah-pindah (nomaden). Mereka memperoleh makanan dengan cara berburu, mengumpulkan buah-buahan, umbi-umbian, serta menangkap ikan. Memperolehnya langsung dari alam.
Alatalat yang
digunakan pada zaman ini terbuat dari batu yang masih kasar dan belum diasah,
seperti kapak perimbas atau alat serpih yang digunakan untuk menguliti hewan
buruan, mengiris daging, atau memotong umbi-umbian.
b)
Mesolithikum
Mesolithikum berasal dari kata Meso yang artinya tengah dan Lithos yang artinya batu sehingga zaman ini dapat disebut zaman batu tengah.
Hasil kebudayaan batu tengah sudah lebih maju apabila dibandingkan hasil kebudayaan zaman Paleolitikum (batu tua). Pada zaman ini, manusia sudah ada yang hidup menetap sehingga kebudayaan yang menjadi ciri dari zaman ini adalah kebudayaan Kjokkenmoddinger dan kebudayaan Abris sous Roche. Abris Sous Roche (abris = tinggal, sous = dalam, roche = gua)maksudnya adalah gua-gua yang dijadikan tempat tinggal manusia purba yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dari cuaca dan binatang buas.
Mesolithikum berasal dari kata Meso yang artinya tengah dan Lithos yang artinya batu sehingga zaman ini dapat disebut zaman batu tengah.
Hasil kebudayaan batu tengah sudah lebih maju apabila dibandingkan hasil kebudayaan zaman Paleolitikum (batu tua). Pada zaman ini, manusia sudah ada yang hidup menetap sehingga kebudayaan yang menjadi ciri dari zaman ini adalah kebudayaan Kjokkenmoddinger dan kebudayaan Abris sous Roche. Abris Sous Roche (abris = tinggal, sous = dalam, roche = gua)maksudnya adalah gua-gua yang dijadikan tempat tinggal manusia purba yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dari cuaca dan binatang buas.
c)
Neolithikum
Neolithikum berasal dari kata Neo yang artinya baru dan Lithos yang artinya batu.Neolithikum berarti zaman batu baru. Pada zaman ini telah terjadi perubahan mendasar pada kehidupan masyarakat praaksara. Mereka mulai hidup menetap dan mampu menghasilkan bahan makanan sendiri melalui kegiatan bercocok tanam. Hasil kebudayaan yang terkenal dari zaman ini adalah kapak persegi dan kapak lonjong
Neolithikum berasal dari kata Neo yang artinya baru dan Lithos yang artinya batu.Neolithikum berarti zaman batu baru. Pada zaman ini telah terjadi perubahan mendasar pada kehidupan masyarakat praaksara. Mereka mulai hidup menetap dan mampu menghasilkan bahan makanan sendiri melalui kegiatan bercocok tanam. Hasil kebudayaan yang terkenal dari zaman ini adalah kapak persegi dan kapak lonjong
Kapak persegi berbentuknya persegi panjang
dan ada juga yang berbentuk trapesium. Kapak persegi ada yang berukuran besar
ada pula yang kecil.Kapak berukuran besar disebut dengan beliung dan fungsinya
sebagai cangkul.
Adapun yang ukuran kecil disebut dengan Tarah atau Tatah dan fungsinya
sebagai alat pahat
Adapun yang ukuran kecil disebut dengan Tarah atau Tatah dan fungsinya
sebagai alat pahat
Kapak lonjong bentuknya
lonjong. Pada ujung yang lancip ditempatkan tangkai dan pada bagian ujung yang
lain diasah sehingga tajam. Kapak lonjong ada yang berukuran besar dan ada juga
yang kecil. Kapak lonjong berukuran besar disebut dengan Walzenbeil dan yang
kecil disebut Kleinbeil. Fungsi kapak lonjong
sama dengan kapak persegi.
d)
Tradisi Megalithik
Megalithik berasal dari kata Mega yang artinya besar dan Lithos yang artinya batu.Megalithik berarti batu besar.Jadi yang dimaksud dengan tradisi mega-lithik adalah pendirian bangunan dari batu yang berukuran besar.Tradisi ini muncul pada zaman batu dan erat kaitannya dengan kepercayaan yang ber-kembang pada saat itu, yaitu pemujaan tehadap roh nenek moyang. Jenis-jenis bangunan megalithik antara lain sebagai berikut.
Megalithik berasal dari kata Mega yang artinya besar dan Lithos yang artinya batu.Megalithik berarti batu besar.Jadi yang dimaksud dengan tradisi mega-lithik adalah pendirian bangunan dari batu yang berukuran besar.Tradisi ini muncul pada zaman batu dan erat kaitannya dengan kepercayaan yang ber-kembang pada saat itu, yaitu pemujaan tehadap roh nenek moyang. Jenis-jenis bangunan megalithik antara lain sebagai berikut.
(1).
Menhir adalah bangunan berupa batu tegak atau tugu yang berfungsi sebagai
tempat pemujaan roh nenek moyang atau tanda peringatan untuk orang yang telah
meninggal
(2).
Dolmen adalah bangunan berupa meja batu, terdiri atas batu lebar yang ditopang
oleh beberapa batu yang lain. Dolmen berfungsi sebagai tempat persem- bahan
untuk memuja arwah leluhur. Di samping sebagai tempat pemujaan, dolmen juga
berfungsi sebagai pelinggih, tempat duduk untuk kepala suku atau raja.
(3).
Kubur peti batu adalah tempat menyimpan mayat. Kubur peti batu ini
dibentuk dari enam buah papan batu, dan sebuah penutup peti. Papan-papan batu itu disusun secara langsung dalam lubang yang telah disiapkan terlebih dahulu, dan biasanya diletakkan membujur ke arah sungai atau gunung.
dibentuk dari enam buah papan batu, dan sebuah penutup peti. Papan-papan batu itu disusun secara langsung dalam lubang yang telah disiapkan terlebih dahulu, dan biasanya diletakkan membujur ke arah sungai atau gunung.
(4).
Waruga merupakan peti kubur batu dalam ukuran yang kecil. Bentuknya
kubus dan bulat. Waruga banyak ditemukan di Sulawesi Tenga
kubus dan bulat. Waruga banyak ditemukan di Sulawesi Tenga
(5).
Sarkofagus adalah bangunan berupa kubur batu yang berbentuk seperti lesung dan
diberi tutup. Sarkofagus banyak ditemukan di daerah Bali.
(6).
Punden berundak adalah bangunan bertingkat yang dihubungkan tanjakan kecil.
Punden berundak berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang.
(7).
Patung. Bentuk patung masih sangat sederhana umumnya berbentuk binatang atau
manusia.
2)
Zaman Logam
Sebagai perkembangan dari zaman batu, manusia masuk ke zaman logam. Pada zaman ini, manusia tidak hanya menggunakan bahan-bahan dari batu untuk membuat alat-alat kehidupannya, tetapi juga mempergunakan bahan dari logam, yaitu perunggu dan besi. Menurut perkembangannya, zaman logam dibedakan menjadi tiga, yaitu zaman perunggu, zaman tembaga dan zaman besi. Indonesia hanya mengalami dua zaman logam, yaitu zaman perunggu dan zaman besi. Benda-benda yang dihasilkan pada zaman ini antara lain adalah kapak corong (kapak yang menyerupai corong), nekara, moko, bejana perunggu, manik-manik, cendrasa (kapak sepatu).
Sebagai perkembangan dari zaman batu, manusia masuk ke zaman logam. Pada zaman ini, manusia tidak hanya menggunakan bahan-bahan dari batu untuk membuat alat-alat kehidupannya, tetapi juga mempergunakan bahan dari logam, yaitu perunggu dan besi. Menurut perkembangannya, zaman logam dibedakan menjadi tiga, yaitu zaman perunggu, zaman tembaga dan zaman besi. Indonesia hanya mengalami dua zaman logam, yaitu zaman perunggu dan zaman besi. Benda-benda yang dihasilkan pada zaman ini antara lain adalah kapak corong (kapak yang menyerupai corong), nekara, moko, bejana perunggu, manik-manik, cendrasa (kapak sepatu).
C. Periodisasi berdasarkan Perkembangan Kehidupan
Masa berburu makanan dibagi menjadi dua tingkat, yaitu masa
berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dan masa berburu dan
mengumpulkan makanan tingkat lanjut.
1.
Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan (Food Gathering)
a)
Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Sederhana
Masa
berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana diperkirakan semasa dengan
zaman paleolithikum.Manusia yang hidup pada masa ini masih rendah tingkat
peradaban nya. Mereka hidup mengembara, pindah dari tempat yang satu ke tempat
yang lain sebagai pemburu binatang dan penangkap ikan.
(1)
Kehidupan Ekonomi
Kehidupan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan
makanan tingkat sederhana masih sangat bergantung pada alam.
Kehidupan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan
makanan tingkat sederhana masih sangat bergantung pada alam.
(2)
Kehidupan Sosial
Sesuai dengan cara memenuhi kebutuhan, manusia pada masa ini
hidupnya tidak menetap (nomaden).
Sesuai dengan cara memenuhi kebutuhan, manusia pada masa ini
hidupnya tidak menetap (nomaden).
(3)
Kehidupan Budaya
Pada masa ini, manusia sudah mampu membuat alat-alat sederhana dari batu atau tulang dan kayu. Alat-alat yang dibuat masih berbentuk kasar.seperti, Alat-alat batu inti, terdiri kapak perimbas, kapak penetak, pahat genggam, dan kapak genggam.
Pada masa ini, manusia sudah mampu membuat alat-alat sederhana dari batu atau tulang dan kayu. Alat-alat yang dibuat masih berbentuk kasar.seperti, Alat-alat batu inti, terdiri kapak perimbas, kapak penetak, pahat genggam, dan kapak genggam.
b)
Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut
Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut diperkirakan semasa zaman
Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut diperkirakan semasa zaman
mesolithikum masa ini sudah mengalami perkembangan
dibandingkan dengan masa
sebelumnya. Manusia mulai hidup menetap walaupun hanya untuk sementara waktu.
sebelumnya. Manusia mulai hidup menetap walaupun hanya untuk sementara waktu.
2) Masa Bercocok Tanam
Setelah tahap hidup berburu dan mengumpulkan makanan dilampaui, manusia memasuki suatu masa kehidupan yang disebut masa bercocok tanam .Masa bercocok tanam diperkirakan semasa dengan zaman Neolithikum.Pada masa ini, peradaban manusia sudah mencapai tingkatan yang cukup tinggi.Manusia sudah memiliki kemampuan mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan bercocok tanam dan mengembangbiakkan binatang ternak.Manusia sudah hidup menetap (segenter) dan tidak lagi berpindah-pindah seperti halnya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan. Pada masa bercocok tanam, berkembang kepercayaan bahwa roh seseorang tidak lenyap pada saat meninggal dunia.Roh dianggap mempunyai kehidupan dialamnya sendiri. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang memiliki kekuatan yang dapat melindungi kehidupan disebut animisme. Sedangkan kepercayaan terhadap benda-benda memiliki kekuatan gaib disebut dinamisme.
Setelah tahap hidup berburu dan mengumpulkan makanan dilampaui, manusia memasuki suatu masa kehidupan yang disebut masa bercocok tanam .Masa bercocok tanam diperkirakan semasa dengan zaman Neolithikum.Pada masa ini, peradaban manusia sudah mencapai tingkatan yang cukup tinggi.Manusia sudah memiliki kemampuan mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan bercocok tanam dan mengembangbiakkan binatang ternak.Manusia sudah hidup menetap (segenter) dan tidak lagi berpindah-pindah seperti halnya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan. Pada masa bercocok tanam, berkembang kepercayaan bahwa roh seseorang tidak lenyap pada saat meninggal dunia.Roh dianggap mempunyai kehidupan dialamnya sendiri. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang memiliki kekuatan yang dapat melindungi kehidupan disebut animisme. Sedangkan kepercayaan terhadap benda-benda memiliki kekuatan gaib disebut dinamisme.
3) Masa Perundagian
Masa perundagian merupakan akhir masa praaksara di Indonesia. Kata perundagian berasal dari bahasa Bali: undagi, yang artinya adalah seseorang atau sekelompok orang atau segolongan orang yang mempunyai kepandaian atau keterampilan jenis usaha tertentu (pertukangan) misalnya pembuatan gerabah, pembuatan perhiasan, atau pembuatan sampan. Masa perundagian diperkirakan semasa dengan zaman perunggu.
Masa perundagian merupakan akhir masa praaksara di Indonesia. Kata perundagian berasal dari bahasa Bali: undagi, yang artinya adalah seseorang atau sekelompok orang atau segolongan orang yang mempunyai kepandaian atau keterampilan jenis usaha tertentu (pertukangan) misalnya pembuatan gerabah, pembuatan perhiasan, atau pembuatan sampan. Masa perundagian diperkirakan semasa dengan zaman perunggu.
Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Paul dan Fritz Sarasin (Sarasin bersaudara) mengemukakan bahwa
penduduk asli Indonesia adalah suatu ras yang berkulit gelap dan bertubuh
kecil. Ras ini pada awalnya mendiami Asia Bagian Tenggara yang saat itu masih
bersatu sebagai daratan pada zaman es atau periode glasial. Namun, setelah
periode es berakhir dan es mencair, maka dataran tersebut kemudian terpisah
oleh lautan yaitu laut China Selatan dan laut Jawa.Akibatnya, daratan yang
tadinya bersatu kemudian terpisah menjadi daratan utama Asia dan Kepulauan
Indonesia. Penduduk asli tinggal di daerah pedalaman dan penduduk pendatang
tinggal di daerah pesisir. Penduduk asli inilah yang disebut sebagai suku
bangsa Vedda oleh Sarasin.
Orang Vedda kemudian menyebar ke
timur dan mendiami wilayah Papua, Sulawesi Selatan, Kai, Seram, Timor Barat,
Flores Barat, dan terus ke timur sampai Kepulauan Melanesia. Beberapa suku
bangsa seperti Kubu, Lubu, Talang Mamak yang tinggal di Sumatra dan Toala di
Sulawesi merupakan penduduk tertua di Kepulauan Indonesia. Mereka diyakini
mempunyai hubungan erat dengan dan orang Vedda.
Ras lain yang
menghuni kepulauan Indonesia adalah Proto Melayu dan Deutro Melayu. Ciri-ciri
fisik mereka adalah rambut lurus, kulit kuning kecoklatan-coklatan, dan bermata
sipit. Proto Melayu dan Deutro Melayu tiba di kepualauan Indonesia
dalam dua gelombang kedatangan. Gelombang kedatangan pertama adalah Proto
Melayu (Melayu Tua), mereka dianggap sebagai
kelompok melayu Polinesia yang bermigrasi dari wilayah Cina Selatan (sekarang
menjadi Provinsi Yunnan).Proto Melayu bermigrasi ke wilayah Nusantara melalui
dua jalur yaitu jalur barat dan timur. Jalur barat bermula dariYunnan (Cina
Bagian Selatan) masuk ke Indochina, kemudian masuk ke Siam, Semenanjung Melayu,
Sumatra dan akhirnya menyebar ke pulau-pulau di Indonesia. Jalur timur melewati
Kepulauan Ryukyu Jepang. Dari sana mereka mengarungi lautan menuju Taiwan,
Filipina, Sangir, dan masuk ke Sulawesi.
Proto Melayu membawa perkakas dari batu berupa kapak persegi dan
kapak lonjong. Kapak persegi dibawa oleh
Proto Melayu yang bermigasi melalui jalur barat, sedangkan kapak lonjong dibawa
oleh Proto Melayu yang bermigasi melalui jalur timur. Suku bangsa Indonesia
yang tergolong Proto Melayu ini, yaitu Mentawai, Dayak dan Toraja. Gelombang
kedatangan ke Kepulauan Indonesia berikutnya adalah Deutro Melayu (Melayu Muda)
yang berasal dari Indochina bagian utara. Kedatangan Deutro-Melayu mendesak
keberadaan Proto Melayu ke arah pedalaman. Mereka memperkenalkan perkakas dan
senjata yang terbuat dari besi atau logam. Mereka telah melakukan kegiatan bercocok
tanam. Padi yang banyak ditanam di Indonesia saat ini dibawa oleh Deutero
Melayu dari wilayah Assam Utara atau Birma Utara. Bangsa Deutro-Melayu
mengembangkan peradaban dan kebudayaan yang lebih maju. Karena itu, mereka
berkembang menjadi sebagian besar suku-suku yang ada di Indonesia saat ini
seperti Melayu, Minang, Jawa, Bugis, dan lain-lain. Dalam perkembangan
selanjutnya, Proto Melayu dan Deutero Melayu berbaur, sehingga sulit dibedakan.
Ras lain yang juga terdapat di
Kepulauan Indonesia adalah ras Melanesoid. Mereka tersebar di lautan Pasifik di
pulau-pulau yang letaknya sebelah Timur Irian dan benua Australia. Kedatangan
ras Melanesoid diperkirakan pada saat zaman es terakhir. Pada saat itu Kepulauan
Indonesia belum berpenghuni. Ras Melanesoid melakukan perpindahan ke timur
hinggake Papua, selanjutnya ke Benua Australia yang sebelumnya merupakan satu kepulauan
yang terhubungkan dengan Papua. Pada perkembangan selanjutnya, terjadi
percampuran antara ras Melanesoid dan ras Melayu yang menghasilkan keturunan
Melanesoid Melayu, saat ini mereka merupakan penduduk Nusa Tenggara Timur dan
Maluku
Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu-Buddha
Masuknya Kebudayaan
Hindu-Buddha di Indonesia
Sampai saat ini masih ada perbedaan pendapat mengenai cara dan
proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Kepulauan Indonesia. Berikut ini
beberapa pendapat (teori) mengenai masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke
Indonesia.
Teori Waisya
Teori Waisya dikemukan oleh NJ.Krom. Ia menyebutkan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha dibawa oleh pedagang India. Para pedagang India yang berdagang di Indonesia menyesuaikan dengan angin musim. Sambil menunggu perubahan arah angin, mereka dalam waktu tertentu menetap di Indonesia. Selama para pedagang India tersebut menetap di Indonesia, memungkinkan terjadinya perkawinan dengan perempuan pribumi. Menurut NJ. Krom, mulai dari sini pengaruh kebudayaan India menyebar dan menyerap dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Teori Waisya
Teori Waisya dikemukan oleh NJ.Krom. Ia menyebutkan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha dibawa oleh pedagang India. Para pedagang India yang berdagang di Indonesia menyesuaikan dengan angin musim. Sambil menunggu perubahan arah angin, mereka dalam waktu tertentu menetap di Indonesia. Selama para pedagang India tersebut menetap di Indonesia, memungkinkan terjadinya perkawinan dengan perempuan pribumi. Menurut NJ. Krom, mulai dari sini pengaruh kebudayaan India menyebar dan menyerap dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Teori Ksatria
Ada tiga pendapat mengenai proses penyebaran kebudayaan Hindu-Budha
yang dilakukan oleh golongan ksatria, yaitu:
1). C.C. Berg menjelaskan bahwa golongan ksatria yang turut menyebarkan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Para ksatria India ini ada yang terlibat konflik dalam masalah perebutan kekuasaan di Indonesia. Bantuan yang diberikan oleh para ksatria ini sedikit banyak membantu kemenangan bagi salah satu kelompok atau suku di Indonesia yang bertikai. Sebagai hadiah atas kemenangan itu, ada di antara mereka yang kemudian dinikahkan dengan salah satu putri dari kepala suku atau kelompok yang dibantunya. Dari perkawinannya itu, para ksatria dengan mudah menyebarkan tradisi Hindu-Budha kepada keluarga yang dinikahinya tadi. Selanjutnya berkembanglah tradisi Hindu-Budha dalam kerajaan di Indonesia.
2). Sama seperti yang diungkap oleh C.C. Berg, Mookerji juga mengatakan bahwa golongan ksatria dari Indialah yang membawa pengaruh kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia. Para Ksatria ini selanjutnya membangun koloni-koloni yang berkembang menjadi sebuah kerajaan.
3). J.L. Moens mencoba menghubungkan proses terbentuknya kerajaankerajaan di Indonesia pada awal abad ke-5 dengan situasi yang terjadi di India pada abad yang sama. Ternyata sekitar abad ke-5, ada di antara para keluarga kerajaan di India Selatan melarikan diri ke Indonesia sewaktu kerajaannya mengalami kehancuran. Mereka itu nantinya mendirikan kerajaan di Indonesia
Ada tiga pendapat mengenai proses penyebaran kebudayaan Hindu-Budha
yang dilakukan oleh golongan ksatria, yaitu:
1). C.C. Berg menjelaskan bahwa golongan ksatria yang turut menyebarkan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Para ksatria India ini ada yang terlibat konflik dalam masalah perebutan kekuasaan di Indonesia. Bantuan yang diberikan oleh para ksatria ini sedikit banyak membantu kemenangan bagi salah satu kelompok atau suku di Indonesia yang bertikai. Sebagai hadiah atas kemenangan itu, ada di antara mereka yang kemudian dinikahkan dengan salah satu putri dari kepala suku atau kelompok yang dibantunya. Dari perkawinannya itu, para ksatria dengan mudah menyebarkan tradisi Hindu-Budha kepada keluarga yang dinikahinya tadi. Selanjutnya berkembanglah tradisi Hindu-Budha dalam kerajaan di Indonesia.
2). Sama seperti yang diungkap oleh C.C. Berg, Mookerji juga mengatakan bahwa golongan ksatria dari Indialah yang membawa pengaruh kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia. Para Ksatria ini selanjutnya membangun koloni-koloni yang berkembang menjadi sebuah kerajaan.
3). J.L. Moens mencoba menghubungkan proses terbentuknya kerajaankerajaan di Indonesia pada awal abad ke-5 dengan situasi yang terjadi di India pada abad yang sama. Ternyata sekitar abad ke-5, ada di antara para keluarga kerajaan di India Selatan melarikan diri ke Indonesia sewaktu kerajaannya mengalami kehancuran. Mereka itu nantinya mendirikan kerajaan di Indonesia
Teori Brahmana
Teori ini diungkap oleh Jc.Van Leur. Dia mengatakan bahwa kebudayaan Hindu-Budha India yang menyebar ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana. Pendapatnya itu didasarkan pada pengamatan terhadap sisa-sisa peninggalan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia, terutama pada prasasti-prasasti yang menggunakan Bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa. Karena hanya golongan Brahmanalah yang menguasai bahasa dan huruf itu maka sangat jelas di sini adanya peran Brahmana.
Teori ini diungkap oleh Jc.Van Leur. Dia mengatakan bahwa kebudayaan Hindu-Budha India yang menyebar ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana. Pendapatnya itu didasarkan pada pengamatan terhadap sisa-sisa peninggalan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia, terutama pada prasasti-prasasti yang menggunakan Bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa. Karena hanya golongan Brahmanalah yang menguasai bahasa dan huruf itu maka sangat jelas di sini adanya peran Brahmana.
Teori Arus Balik
Pendapat ini menjelaskan peran aktif dari orang-orang Indonesia yang mengembangkan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Pendapat mengenai keaktifan orang-orang Indonesia ini diungkap oleh F.D.K Bosch yang dikenal dengan Teori Arus Balik. Teori ini menyebutkan bahwa banyak pemuda Indonesia yang belajar agama Hindu-Buddha ke India. Setelah memperoleh ilmu yang banyak, mereka kembali ke Indonesia untuk menye-barkannya
Pendapat ini menjelaskan peran aktif dari orang-orang Indonesia yang mengembangkan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Pendapat mengenai keaktifan orang-orang Indonesia ini diungkap oleh F.D.K Bosch yang dikenal dengan Teori Arus Balik. Teori ini menyebutkan bahwa banyak pemuda Indonesia yang belajar agama Hindu-Buddha ke India. Setelah memperoleh ilmu yang banyak, mereka kembali ke Indonesia untuk menye-barkannya
Pengaruh Hindu–Buddha terhadap Masyarakat di Indonesia
Masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia telah membawa perubahandalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.Perubahan-perubahan itu antara lain tampak dalam bidang-bidang berikut ini.
a. Bidang Pemerintahan
Sebelum unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha masuk, masyarakat dipimpin oleh seorang kepala suku yang dipilih oleh anggota masyarakatnya. Seorang kepala suku merupakan orang pilihan yang mengetahui tentang adat istiadat dan upacara pemujaan roh nenek moyangnya dengan baik.Ia juga dianggap sebagai wakil nenek moyangnya. Ia harus dapat melindungi keselamatan dan kesejahteraan rakyatnya. Karena itulah larangan dan perintahnya dipatuhi oleh warganya. Setelah masuknya unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha terjadi perubahan.Kedudukan kepala suku digantikan oleh raja seperti halnya di India.Raja memiliki kekuasaan yang sangat besar. Kedudukan raja tidak lagi dipilih oleh rakyatnya, akan tetapi diturunkan secara turun temurun. Raja dianggap sebagai keturunan dewa dan dianggap sebagai puncak dari segala hal dalam negara.
Masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia telah membawa perubahandalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.Perubahan-perubahan itu antara lain tampak dalam bidang-bidang berikut ini.
a. Bidang Pemerintahan
Sebelum unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha masuk, masyarakat dipimpin oleh seorang kepala suku yang dipilih oleh anggota masyarakatnya. Seorang kepala suku merupakan orang pilihan yang mengetahui tentang adat istiadat dan upacara pemujaan roh nenek moyangnya dengan baik.Ia juga dianggap sebagai wakil nenek moyangnya. Ia harus dapat melindungi keselamatan dan kesejahteraan rakyatnya. Karena itulah larangan dan perintahnya dipatuhi oleh warganya. Setelah masuknya unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha terjadi perubahan.Kedudukan kepala suku digantikan oleh raja seperti halnya di India.Raja memiliki kekuasaan yang sangat besar. Kedudukan raja tidak lagi dipilih oleh rakyatnya, akan tetapi diturunkan secara turun temurun. Raja dianggap sebagai keturunan dewa dan dianggap sebagai puncak dari segala hal dalam negara.
b. Bidang Sosial
Pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang sosial ditandai dengan munculnya pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat.Dalam masyaakat Hindu, pembedaan ini disebut dengan sistem kasta.Sistem ini membedakan masyarakat berdasarkan fungsinya.Golongan Brahmana (pendeta) menduduki golongan pertama.Ksatria (bangsawan, prajurit) menduduki golongan kedua. Waisya (pedagang dan petani) menduduki golongan ketiga, sedangkan Sudra (rakyat biasa) menduduki golongan terendah atau golongan keempat.Adanya pembagian masyarakat berdasarkan kasta berdampak pada perbedaan hak-hak antara golongan-golongan kasta yang berlainan, terutama dalam hal pewarisan harta, pemberian sanksi dan kedudukan dalam pemerintahan.
Pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang sosial ditandai dengan munculnya pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat.Dalam masyaakat Hindu, pembedaan ini disebut dengan sistem kasta.Sistem ini membedakan masyarakat berdasarkan fungsinya.Golongan Brahmana (pendeta) menduduki golongan pertama.Ksatria (bangsawan, prajurit) menduduki golongan kedua. Waisya (pedagang dan petani) menduduki golongan ketiga, sedangkan Sudra (rakyat biasa) menduduki golongan terendah atau golongan keempat.Adanya pembagian masyarakat berdasarkan kasta berdampak pada perbedaan hak-hak antara golongan-golongan kasta yang berlainan, terutama dalam hal pewarisan harta, pemberian sanksi dan kedudukan dalam pemerintahan.
SELAMAT
BELAJAR !!
Comments
Post a Comment